Kolaborasi IMM Kota Kupang dan Media Mataline News Gelar Diskusi Kebangsaan di Rako Cafe

KOTA KUPANG, Proklamator.com - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Kupang bersama media matalinenews selenggarakan Diskusi Kebangsaan dengan tema “Peduli politik, peduli masa depan kita, peduli Indonesia”

Kegiatan yang berlangsung di Rako Cafe Kompleks Ruko Friendship Jalan Soeharto Kel Naikoten I Kota Raja Kota Kupang (Samping SPBU Naikoten) ini nampak berjalan dengan baik dan antusias mahasiswa dan aktivis pun lebih dari yang diharapkan para penyelenggara.

Hadir dalam kegiatan, aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Kupang, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang, Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kupang, Gerakan Mahasiwa Kristen Indonesia (GMKI)Cabang Kupang dan juga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. 

Ketua PC IMM Kota Kupang, Armansyah Karabi, berharap kegiatan positif seperti ini terus dikembangkan, agar mahasiswa dan aktivis bisa saling berbagi setiap problem sosial yang dihadapi saat ini.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini kita dapat mengetahui setiap problem yang dihdapi dan belum menemukan jalan keluarnya,” pungkas Arman, pada Sabtu (09/03/2024) malam.

Selain itu (Pengamat Politik), Amir S. Kiwang, M.Si, yang juga merupakan Narasuber pada acara tersebut menyampaikan bahwa, kegiatan yang  di gelar oleh media matalinenews bekerja sama dengan PC IMM Kota Kupang, dengan menghadirkan para aktivis mahasiswa di kota Kupang adalah sebuah kegiatan yang sangat positif, karena ruang diskusi seperti ini bisa menjadi media bagi generasi muda untuk bisa memberikan sumbangsih bagi bangsa dan daerah lewat kontribusi ide dan pemikiran.

Menurutnya, ide dan gagasan  para aktivis pasti akan lebih jernih dan orisinil, serta tidak terkooptasi oleh kepentingan pragmatis tertentu.

"Kita berharap hasil diskusi ini bisa memberikan pencerahan di tengah carut marut politik bangsa ini," pungkas Amir S. Kiwang.

Selain itu Narasumber kedua Dr. Zulkhaedir Abdussamad,M.Si, juga mengungkapkan bahwa dialog kebangsaan yang digagas PC IMM Kota Kupang dan MatalineNews merupakan langkah penting untuk memperkuat kesatuan dan kebersamaan dalam masyarakat. 

"Sebagai kaum muda, kita harus memiliki kepedulian terhadap bangsa, dimana kita memiliki tanggungjawab untuk ikut serta dalam pembangunan negara melalui partisipasi aktif dalam proses politik," ungkapnya

Dia juga menjelaskan bahwa,  esensi politik sesungguhnya adalah usaha untuk mencapai En Dam Onia atau Goodlife. Tindakan politik yang dimaksudkan tentunya politik yang bermanfaat bagi kemaslahatan banyak orang, sesuai amanah "Rahmatan lil 'alamien". Inilah yang dinamakan "High politics", yang dilandasi oleh tiga pilar utama, yaitu Amanah (Trust), Mas' uliyah atau pertanggungjawaban (accountability) dan Ukhuwah (brotherhood).

"Untuk mencapai itu semua, tentunya memerlukan dukungan kaum intelektual (kaum rausyan fikr) yang memiliki kepedulian terhadap masa depan dan keperdulian terhadap Indonesia," pungkas Dr. Zulkhaedir Abdussamad,M.Si.(Red)



BACA JUGA :